Kam, 28 Mar 2013 14:21 WIB

Limbah B3 Tak Bertuan, Bapedalda Kota Batam Tutup Mata

Kontributor : Redaksi | telah di baca : 308 Pengunjung

 

pemulung saat mengambil drum tempat limbah B3

pemulung saat mengambil drum tempat limbah B3

Batam,bongkarkasus.com,-Pencemaran lingkungan hidup yang tidak terkontrol oleh Pemerintah Kota Batam, Kini mengancam segala mahluk hidup yang ada khususnya di Kota Batam, hal ini terlihat dengan adanya pembiaran oleh pihak Badan pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedal) Kota Batam terhadap limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) jenis Aspal (Ter) yang terdapat di Tiban Centre, Batam, (13/02/2013).

Pembiaran yang dilakukan oleh Pihak Bapedalda Kota Batam terhadap Limbah B3 jenis Ter tersebut mengakibatkan pencemaran lingkungan lingkungan hidup. Dimana Limbah Ter itu saat ini sudah menggenangi saluran Drainess yang terdapat didepan lahan tempat limbah B3 itu ditemukan.

wartawan mencoba mengkonfirmasi M.Zani sebagai Kasi Pengawasan Limbah B3 Bapedalda kota Batam terkait dengan adanya limbah B3 tak bertuan itu, menurut Zani bahwa limbah jenis ter tersebut hingga saat ini tidak diketahui siapa pemiliknya, namun bapedalda kota Batam sudah menyurati PT Bumi Mahkota Sejahtera sebagai pemilik lahan dimana tempat limbah B3 itu ditemukan.

“Bapedalda Kota Batam telah mengeluarkan surat nomor 125/Bapedal/PLH/II/2013 pada tanggal 19 Februari 2013 tentang pengolahan limbah B3 kepada PT Bumi Mahkota Sejahtera sebagai penanggungjawab dokument lingkungan UKL-UPL, Bapedal kota Batam berupaya menjaga lingkungan kota Batam sesuai dengan peraturan yang berlaku” ujar Zani lewat pesan singkatnya.

Terpisah Lembaga swadaya masyarakat Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup (LSM-AMPUH), Tumpal Nababan, mengatakan lambanya penanganan yang dilakukan oleh Bapedalda kota Batam dan tidak tepat sasaran, sehingga mengakibatkan limbah B3 jenis Ter tersebut mencemari lingkungan hidup, dimana para pemulung (pengumpul besi tua) mengambil Drum tempat limbah tersebut dan membuang limbah B3 itu secara sembarangan dan memenuhi drainasse.

“Bapedalda tidak tanggap, sebenarnya Bapedalda harus memasangi police line sebelum limbah B3 itu diangkat atau dibersihkan” ujar Tumpal kepada (bongkarkasus.com-red). (Marto/red)

Print Friendly
Bagaimanakah Menurut Anda tentang " Limbah B3 Tak Bertuan, Bapedalda Kota Batam Tutup Mata " ?

Tulis komentar Anda di bawah ini

Sponsored Link
Redaksi: redaksi@bongkarkasus.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales@bongkarkasus.com
Pendapat Anda
Suara Pembaca +indeks

Anda dapat mengirimkan Suara Anda langsung ke email redaksi@bongkarkasus.com dengan disertakan foto dan nomor handphone

Wajib Baca close