Sel, 8 Jan 2013 13:47 WIB

Pengaruh Tower Telekomunikasi Pada Kesehatan Manusia

Kontributor : Redaksi | telah di baca : 30767 Pengunjung
Salim.S.sos.Msi Kepala Kominfo Kota Batam

Salim.S.sos.Msi Kepala Kominfo Kota Batam

Batam, bongkarkasus.com, – maraknya pembangunan menara telekomunikasi Base Transceiver Station (BTS) di Kota Batam menimbulkan kekawatiran kepada masyarakat karena isu beredar menara tersebut mengakibatkan dampak negative terhadap kesehatan manusia.

Penolakan masyarakt atas kehadiran menara BTS pada umumnya adalah  Persoalan teknis dan non teknis. Persoalan teknis pada umumnya menyangkut ke khawatiran masyarakat pada efek radiasi dan bahaya rubuhnya tiang menara.

Menurut Kepala Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Batam “Salim.S.sos.M.si” Perlu diketahui bahwa pengaruh efek radiasi Tower/menara telekomunikasi (BTS) tidak sama halnya dengan tower Listrik tegangan tinggi (SUTET) terhadap kesehatan masyarakat yang ada di bawah atau di sekitar tower/menara telekomunikasi BTS tersebut.

Menara BTS itu radiasinya sangat kecil sekali mempengaruhi kesehatan tubuh manusia, dan radiasi yang ada masih jauh di bawah ambang normal, menara BTS itu di bangun karena sudah diuji beberapa ilmuan bahwa pengaruhnya tidak ada ke tubuh manusia dan kesehatan.

 “Kita tidak dapat menyalahkan masyarakat yang salah kaprah dalam menyikapi tower/menara telekomunikasi, karena memang mereka tidak mengetahui dan tidak mendapatkan informasi yang benar tentang apa dan bagaimana tower serta akibat yang dapat ditimbulkan oleh tower tersebut”  ujar Salim di ruang kerjanya.

Tower Telekomunikasi berbeda dengan tower Listrik, yang ditopangnya adalah kabel yang dialiri oleh Saluran Umum Tegangan Extra Tinggi (SUTET), dimana arus listrik yang dilewatkannya adalah diatas 20.000 KV, sehingga menimbulkan radiasi listrik yang cukup besar.

Menurut Salim, tower Telekomunikasi yang ditopangnya adalah antena yang memancarkan gelombang elektromagnetik atau kita sebut dengan gelombang radio, yang radiasinya berkisar berordo watt, sehingga belum sampai ketanah sudah hilang radiasinya itu. Jadi boleh dikatakan aman untuk kesehatan manusia.

Masih ditambahkan Salim, bahwa radiasi tower/menara telekomunikasi (BTS) berdasarkan hasil penelitian Ir. Sunarno, M.Eng., Ph.D  salah satu Dosen Fakultas Teknik UGM mengatakan bahawa menara/ tower telekomunikasi tidak berpengaruh atau tidak mempunyai efek yang berbahaya bagi  masyarakat di sekitar lingkungan menara BTS.

Demikian juga berdasar penelitian Kesehatan Dunia (WHO) dan Fakultas Teknik UGM, menara BTS tidak mengandung radiasi yang membahayakan kesehatan manusia. Sementara Level batas radiasi yang diperbolehkan menurut standar yang dikeluarkan Kesehatan Dunia (WHO) ini masing-masing 4,5 watt/m2 untuk perangkat yang menggunakan frekuensi 900 MHz dan 9 watt/m2 untuk 1.800 MHz.

Pada umumnya radiasi yang dihasilkan perangkat-perangkat yang digunakan operator seluler tidak saja di Indonesia, tapi juga seluruh dunia, masih jauh di bawah ambang batas standar sehingga relatif aman. Berdasarkan hasil perhitungan, pada jarak 1 meter (jalur pita pancar utama), tower BTS dengan frekuensi 1.800 MHz mengasilkan total daya radiasi sebesar 9,5 w/m2 dan pada jarak 12 meter akan menghasilkan total radiasi sebesar 0,55 w/m2. Untuk kasus tower yang memiliki tinggi 52 meter, berdasarkan hasil perhitungan, akan menghasilkan total radiasi sebesar 0,029 w/m2.

Pada Tower/menara BTS ini juga dilengkapi dengan grounding atau system pentanahan, yang gunanya adalah penangkap petir, dimana kalau terjadi petir maka yang duluan disambar adalah kutub negative yang terdekat dengan awan atau ion positive , dimana pada puncak tower dipasang finial dari tembaga dan dialirkan ketanah dengan kabel BCC, sehingga aliran petir cepat mencapai tanah dan mengamankan daerah sekitarnya dari sambaran petir, karena sifat dari arus listrik adalah mencari jalan tependek mencapai tanah, dan hilang di netralisir oleh bumi. Sehingga anggapan masyarakat selama ini bahwa menara telekomunikasi (BTS) sangat bermasalah bagi Kesehatan, itu adalah suatu kekeliruan. (red)

[ imagebrowser id=1 ]

Print Friendly
Bagaimanakah Menurut Anda tentang " Pengaruh Tower Telekomunikasi Pada Kesehatan Manusia " ?

Tulis komentar Anda di bawah ini

Sponsored Link
Redaksi: redaksi@bongkarkasus.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi : sales@bongkarkasus.com
Pendapat Anda
Suara Pembaca +indeks

Anda dapat mengirimkan Suara Anda langsung ke email redaksi@bongkarkasus.com dengan disertakan foto dan nomor handphone

Wajib Baca close